Halaman

Minggu, 24 Juni 2012

About The Coffee



kenapa saya membahas kopi? ini karena saya adalah seorang maniak kopi :3 maksutnya? yah, saya itu seorang kopiers *namanggawedewe* wkwwk :D saya adalah pecinta kopi walau tidak ikut klub perkumpulan perkumpulan bapak bapak yang suka kopi :p
saya kan remaja gitu ~ eh! jangan salah loh :o suka kopi bukan berarti saya sudah tua :p pokoknya, kopi itu nikmat bangeeeeet deh :3 apa lagi kalo pas dingin dingin... terus minum kopi panas... awawawawaw sumprit saya bahagia T_T *alay
saya sendiri saat ini sangat mencintai Luwak White Coffee.. tau kan? pasti tau dong :p itu tuh yang iklannya kopi putih *halah* itu lho :p itu wajib di coba rek, enak lhoo :3

kan katanya kan kopi itu bikin nggak ngantuk, tau nggak kenapa? ini saya beri tau yah kenapa :D jadi, mayoritas bahan yang terkandung dalam kopi adalah bahan aktif berupa kafein.  kafein dapat meningkatkan efek simpatis dalam tubuh, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kadar hormon katekolamin dalam darah dan urine dalam sebuah penelitian. Secara umum, efek hormon ini dalam tubuh adalah peningkatan metabolisme tubuh, sehingga dapat meningkatakan BMR (Basal Metabolic Rate). nah, karna efek peningkatan metabolisme tersebutlah yang bisa bikin kita nggak ngantuk. karna kan jantung di buat lebih memompa yahh kayak kita abis olah raga gityu deh. ini juga aku blog walking di blog nya orang kok.. hehe :p jadi intinya kopi itu cocok buat nemenin begadang :D tapi itu hanya mitos loh guys. hmmm walau pun saya percaya sih. oh iya semakin pait kopinya, kita semakin susah tidur lho :p ini terbukti pas kemarin nginep di rumahnya dian, aku sama ijul itu rebutan minum nescafe 3 in one yang udah ada creamer plus gulanya. nah adek nya dian kayak kasian gitu sama kita yang rebutan 1 gelas kopi -_- akhirnya dia bikin kopi Kapal Api.... dan..... tidak pakai gula sama sekali -_- yaa tuhaan.. pait sekaliiii -__- rasanya kayak jamu, tapi lama lama enak juga loh :p itu he.. yang buat saya sama ijul sama sekali tidak bisa tidur :O (tapi akhirnya saya menyerah dan tidur jam 4 pagi)
hohohoo jadi coba aja :D

ini saya mau berbagi info, katanya, kopi itu menyehatkan lho! Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.
wuuu keren :p eh tapi jangan salah dulu, soalnya kopi juga punya sisi negatif, ini dia :
Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk–misalnya karena kekurangan tidur– disarankan agar konsumsinya disebar sepanjang hari.

naah. jadi jangan banyak banyak ya kalo minum kopi, walaupun anda kopi lovers :D
kopi juga punya ragam sajian lho ;D misalnya nih


1. Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun
2. Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi.
3. Latte (coffee latte), merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1.
4. Café au lait, serupa dengan caffe latte tetapi menggunakan campuran kopi hitam.
5. Caffè macchiato, merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1.
6. Cappuccino, merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.
7. Dry cappuccino, merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu.
8. Frappé, merupakan espresso yang disajikan dingin.
9. Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.
10. Kopi Irlandia (irish coffee), merupakan kopi yang dicampur dengan wiski.
11. Kopi tubruk, kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula.
12. Melya, sejenis kopi dengan penambahan bubuk cokelat dan madu.
13. Kopi moka, serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dengan penambahan sirup cokelat.
14. Oleng, kopi khas Thailand yang dimasak dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen.

kalo saya sendiri sih, paling suka sama kopi instan.. wkwkwk :D habisnya kan gampang bikinnya -_- dan saya juga suka latte, cappucino sama kopi tubruk. wuihhh semuanya nikmat bray! :)

secara umum, ada 2 jenis kopi ya itu Arabika sama Robusta. itu umumnya ajah, banyak jenis jenis yang lain. Arabika itu kualitas terbaik.. sedangkan Robusta itu yahh kayak kualitas kedua gitu deh :p saya sendiri juga nggak ngerti dan mengandalkan pengetahuan otak saja -_-v damai pren -_-v

Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini. begitu menurut wiki :p

saya cumak mau berbagi pengetahuan nih bray. semoga aja bermanfaat ya. thanks for reading my blog. :D


RR

2 komentar:

Hey, it's okay to make mistakes :)

It all start with your ego. Ego comes, it ruins everything and it causes anything you didn't wan't. Sadness & tears bravely take...